9.16.2008

ayo naek angkutan umum

Kemarin temen saya cerita kalau dia ngeliat mobil yang plat nomornya udah 3 huruf di belakang angkanya (yang kaya motor itu loh). Sinting ya? Berarti udah banyak banget ya mobil di Jakarta? Saya lebih heran lagi dengan orang yang mau-maunya ke kantor bawa mobil sendiri padahal udah jelas Jakarta macet banget, kalo kata orang, istilahnya “pamer paha” (padat merayap tanpa harapan). Kan enakan naik angkutan umum kaya’ mikrolet atau bis, khususnya kalo kita harus berangkat kantor pagi-pagi. Kalo mata masih ngantuk, kita masih bisa nerusin tidur trus tau-tau sampe di kantor tepat waktu, kalo bawa mobil sendiri mana bisa nerusin tidur kaya gitu, yang ada tau-tau sampe got, rumah sakit, kantor polisi, atau kuburan.

Selain itu, kalo naik angkutan umum juga banyak ceritanya. Misalnya nih kaya’ saya kemaren naik bis 213 mau ke Kp.Melayu. Di suatu persimpangan tiba-tiba ada p****i l**u l****s berseragam lengkap (termasuk helm-nya) naik bis dan ngomong sesuatu ke kondektur bis. Dengan seketika ada yang berpindah tangan dari kondektur ke p****i l**u l****s tersebut dan dia pun langsung turun lagi dan ngantongin sesuatu yang diterima dari kondektur bis tadi. Padahal bis saya nggak melanggar apa-apa lho, lagi berjalan biasa aja, ada lampu merah berhenti trus jalan lagi pas lampunya ijo. Baru kali itu saya liat transaksi antar pengemudi angkutan umum dengan p****i l**u l****s kaya gini. Biasanya pengemudinya disuruh minggir dulu kan?? Itu pun kalo ketangkep basah melanggar peraturan. Tapi kali ini kayanya p****i l**u l****s sangat pintar melakukan penghematan waktu. Boleh dicontoh gak???

Ada lagi nih pengalaman ajaib naik bis. Biasa nih..jalanan macet tapi jalur busway kosong, tentu sangat menggoda bukan? Saya kira supir bisnya akan masuk ke jalur busway nanti pas di persimpangan, tapi ternyata….supirnya nggak sesabar itu sodara-sodara, dia langsung masuk jalur busway dengan manjat pembatas jalur yang tingginya 1 meter itu!!! (angkanya sih melebih-lebihkan, tapi kan blok pembatasnya itu lumayan tinggi bo’, bukan yang pendek ya, yang agak tinggi itu). Jadilah untuk sesaat kami yang di dalam bis jadi miring-miring.

Selain yang aneh ada juga yang heboh, knek metro mini berantem sama ibu-ibu! Si ibu-ibu ini bayar ongkos dengan uang yang udah sobek, si knek sebel, sambil ngelemparin uang sobek itu ke ibu-ibu tadi dia ngomong, “ sobek nih uangnya”.

Si ibu bengong sesaat ngeliatin uangnya, mungkin nggak dengar perkataan knek tadi, dia manggil kneknya, “kenapa nih bang???”

“uangnya sobek!! Sembarangan aja ngasih duit!” udah mulai panas

“ya, tapi gak usah ngelempar gitu dong!!, nih gantinya” sambil NGELEMPARIN uang yang laen, udah emosi rupanya.

“wah, kurang ajar lu! Maksud lu apa?? Turun lu dari mobil gw!!” nah lo…

“lah saya kan gak tau kalo uangnya sobek, ya maap” udah mulai kalah nih…tengsin amat kalo sampe turun bis, mendingan minta maap

“nggak bisa, turun lo! Nih ambil duit lo, gw gak butuh”

“loh, saya kan udah minta maap”

“belagu amat sih jadi orang” ngedumel sendiri sambil nerusin narik bayaran ke penumpang lain.

Sampai di sini kita pikir masalah udah selesai, si ibu pun duduk lagi dengan tenang.

Nggak taunya si kenek nengok lagi ke ibu-ibu itu, “Loh!! Kok belum turun juga lu????”

Keki berat deh si ibu, “iya..iya, nanti di perempatan”

“SEKARANG!!”

“yang bener aja, lagi jalan gini, masa gw turun??”

Lalu keluar lah koin logam dari kantong si kenek, “ting..ting..ting” metro mini pun berhenti.

Nah, kalo dari tadi cerita di bis, sekarang cerita di mikrolet.

Suatu hari seorang ibu naik mikrolet dengan anak-anaknya 4 orang yang masih kecil-kecil. Bayangkan dulu betapa rame dan repotnya ngawal anak kecil 4 ekor.

Waktu di mikroletnya sih standar lah, mereka ngobrol2, lucu-lucu sih, tapi saya males ngetik ceritanya. Yang mau saya ceritain justru pas mereka turun. Pas mau turun, si ibu turun duluan terus bayar ongkosnya ke supir sambil mengingatkan anak-anaknya supaya hati-hati. “awas..awas..hati-hati, kakak pegangin adek. Awas…awas..”.

Karena mikroletnya berhentinya nggak pas di pinggir ada sepeda yang mau lewat sebelah kiri mikrolet di mana si anak-anak lagi berdiri.

Si ibu pun mulai mengingatkan lagi ke pengendara sepeda, “awas dek, hati-hati dek, minggir dek”.

Si kakak bermaksud membantu ibunya, “iya dek, hati-hati dek!!”

“Heeehhh…kamu mah manggil dia a’a atuh!!!”

Nah gitu…Kurang lucu ya?? Emang gw Dono?!?!

Anyway….interested to join me as a public transporter???

NB: dengan tulisan ini jangan mengira saya gak mau kalo dikasih mobil, saya MAU kok nerimanya. :-D

No comments: